Jumat, 30 September 2011

3.Sitoplasma


Sitoplasma merupakan suatu cairan sel dan segala sesuatu yang larutdi dalamnya, kecuali nukleus (inti sel) dan organela.Sitoplasma yang beradadi dalam inti sel disebut nukleoplasma.Sitoplasma bersifat koloid kompleks,yaitu tidak padat dan tidak cair.
Organela yang menyusun sitoplasma adalah sebagai berikut :
a.Mitokondria
Mitokondria merupakan organela penghasil energi dalam suatu sel.Mitokondria memiliki bentuk bulat tongkat dan berukuran panjang antara0,2-5 mikrometer dengan diameter 0,5 mikrometer.
Mitokondria disusun oleh bahan-bahan antara lain fosfolipid dan protein. Mitokondria mempunyai dua lapisan membran, yaitu membran luardan membran dalam. Permukaan pada membran luar halus, sedangkanpada membran dalam banyak terdapat lekukan-lekukan ke dalam yangdisebut krista. Adanya lekukan-lekukan ini akan dapat memperluas bidangpermukaannya. Krista berperan dalam penyerapan oksigen untuk respirasi.
b.Retikulum Endoplasma

Untuk memahami struktur retikulum endoplasma, Retikulum endoplasma merupakan sistem yang sangat luas, membrane di dalam sel berupa saluran-saluran dan tabung pipih.Membran ini lebihtipis dari membran plasma.Komposisi kimia tersusun atas lipoprotein.

Retikulum endoplasma ada dua macam, yaitu retikulum endoplasmakasar dan retikulum endoplasma halus.
1)Retikulum Endoplasma Kasar (REK)
Retikulum endoplasma kasar ditempeli dengan ribosom yang tersebarmerata pada permukaannya.Ribosom merupakan tempat sintesis protein.Protein yang sudah terbentuk kemudian akan diangkut ke bagian dalamretikulum endoplasma, dan kemudian disimpan di dalam membran yangberkantong yang disebut vesikula.
2)Retikulum Endoplasma Halus (REH)
Retikulum endoplasma halus tidak ditempeli oleh ribosom.PermukaanREH ini menghasilkan enzim yang dapat mensintesis fosfolipid, glikolipid,dan steroid.Jadi, secara umum fungsi retikulum endoplasma antara lain:
1)penghubung selaput luar inti dengan sitoplasma, sehingga menjadi penghubung materi genetik antara inti sel dengan sitoplasma;
2)transpor protein yang disintesis dalam ribosom; dan
3)biosintesis fosfolipid, glikolipid, dan sterol.
c.Ribosom
Ribosom merupakan struktur terkecil yang bergaris tengah 17-20 mikron,letaknya di dalam sitoplasma sehingga hanya bisa dilihat dengan bantuanmikroskop elektron.Semua sel hidup memiliki ribosom.Ribosom berfungsiuntuk sintesis protein, yang selanjutnya digunakan untuk pertumbuhan,perkembangbiakan atau perbaikan sel yang rusak.Pada sel-sel yang aktifdalam sintesis protein, ribosom dapat berjumlah 25% dari bobot kering sel.
d.Badan Golgi
.



Badan golgi biasa dijumpai pada sel tumbuhan maupunhewan. Pada sel hewan terdapat 10-20 badan golgi. Lain halnya dengantumbuhan yang memiliki ratusan badan golgi pada setiap sel. Badan golgiterdiri atas sekelompok kantong pipih yang dibatasi membran yang dinamakan saccula. Di dekat saccula terdapat vesikel sekretori yang berupagelembung bulat. Badan golgi pada tumbuhan disebut dengan diktiosom.
Pada diktiosom terjadi pembuatan polisakarida dalam bentuk selulosa yangdigunakan sebagai bahan penyusun dinding sel.
Secara umum fungsi dari badan golgi antara lain:
1)secara aktif terlibat dalam proses sekresi, terutama pada sel-sel kelenjar;
2)membentuk dinding sel pada tumbuhan;
3)menghasilkan lisosom;
4)membentuk akrosom pada spermatozoa yang berisi enzim untuk memecah dinding sel telur.

0 komentar:

Posting Komentar