Kamis, 29 September 2011

Struktur dan fungsi sel :
1.Membran Sel



Membran sel berupa selaput tipis, disebut juga plasmalema. Tebalmembran antara 5-10 nm (1nm = 9110u m). Apabila diamati denganmikroskop cahaya tidak terlihat jelas, tetapi keberadaannya dapat dibuktikanpada waktu sel mengalami plasmolisis.
Membran sel merupakan bagian terluar sel dan tersusun secara berlapis-lapis.Bahan penyusun membran sel yaitu lipoprotein yang merupakangabungan antara lemak dan protein.Membran sel mengandung kira-kira 50% lipid dan 50% protein.Lipidyang menyusun membran sel terdiri atas fosfolipid dan sterol.Fosfolipidmemiliki bentuk tidak simetris dan berukuran panjang.Salah satu ujungfosfolipid bersifat mudah larut dalam air (hidrofilik), yang disebut denganujung polar. Bagian sterol bersifat tidak larut dalam air (hidrofobik) yangdisebut dengan ujung nonpolar. Fosfolipid tersusun atas dua lapis.Dalamhal ini protein dibedakan menjadi 2 sebagai berikut.
a. Protein Ekstrinsik (Perifer)
Protein ini letaknya tersembul di antara dua lapis fosfolipid.Proteinekstrinsik bergabung dengan permukaan luar membran dan bersifat hidrofilik yaitu mudah larut dalam air.
b. Protein Intrinsik (Integral)
Protein ini letaknya tenggelam di antara dua lapis fosfolipid.Proteinintrinsik bergabung dengan membran dalam dan bersifat hidrofobik yaitutidak mudah larut dalam air.
Membransel memiliki fungsi antara lain:
a.sebagai pelindung sel,
b.mengendalikan pertukaran zat, dan
c.tempat terjadinya reaksi kimia.


2. Inti Sel (Nukleus)


Nukleus merupakan organterbesar sel, dengan ukuran diameter antara 10-20 nm.Nukleus memiliki bentuk bulat atau lonjong.
Komposisi nukleus terdiri atas membran nukleus, matriks, dan anak inti.
a. Membran nukleus
Susunan molekul membran ini sama dengan susunan molekul membranvsel, yaitu berupa lipoprotein. Membran inti juga dilengkapi dengan pori-pori yang dapat memungkinkan hubungan antara nukleoplasma dansitoplasma.Pori-pori ini berperan dalam memindahkan materi antara intisel dan sitoplasmanya.
Membran inti hanya bisa dilihat dengan jelas dengan menggunakanmikroskop elektron.Membran inti terdiri atas dua selaput yaitu selaput luardan selaput dalam.Selaput luar mengandung ribosom pada sisi yangmenghadap sitoplasma dan sering kali berhubungan dengan membrane reticulum endoplasma.
b. Matriks (nukeuplasma)
Nukleoplasma terdiri atas cairan inti yang tersusun dari zat protein intiyang disebut dengan nukleoprotein.
c. Inti anak (nucleolus)
Di dalam nukleolus banyak terkandung kromosom, yaitu benang-benang halus DNA.Kromosom tersebut berfungsi untuk:
1)menentukan ciri-ciri yang di-miliki sel;
2)mengatur bentuk sel;
3)menentukan generasi selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar